Gie Mata Angin

Kamis, 20 Januari 2011

Misteri Lagu "Jauh"

Meskipun cerita ini udah basi, ntah kenapa aku tertarik banget posting cerita ini ke blog aku. mungkin terobsesi dengan buku yang berjudul "misteri kematian Gaby dan lagunya jauh" yang habis aku baca. jujur, ku tersentuh banget n merinding plus nangis habis baca buku itu. dari cerita itulah aku baru menyadari arti pentingnya seseorang yang mencintaiku dan yang aku cintai. tiba2 aku ingat seseorang yang udah pergi jauh untuk selamanya setelah baca buku itu.akhirnya aku berusaha mencari beberapa sumber dari internet kemudian aku kumpulkan jadi satu lalu ku posting di blog ini.mungkin cerita ini emang udah ga perlu lagi dibahas, tapi bagi aku ini cerita indah yang pernah aku baca.


Kamu pernah denger lagu "jauh" ga??? atau pernah denger cerita tantang lagu ini???? dari buku yang berjudul "misteri kematian Gaby dan lagunya Jauh" aku tau bahwa Lagu ini dipopulerkan dan diciptakan oleh Gaby Vokalis Band Caramel.  sebuah band asal Bali yang bernaggotakan lima orang, Gaby (vocal), Popo (Gitaris),  Agnes (Gittar), Nando(bass), Angel (drum). lagu "Jauh" diciptakan oleh Gaby setelah ia terpuruk atas kematian Popo (sang kekasihnya) karena meninggal secara tragis. lagu ini pertama kali dinaynyikan oleh Gaby di kampusnya di acara pentas seni. tapi akhirnya Gaby meninggal bunuh diri karena tau popo (kekasihnya) meninggal karena dibunuh. ga tau juga sih, ceritanya yang mana yang bener, akku juga ga ngerti. ada banyak versi tentang cerita ini.  ada yang bilang nama penyanyi Gaby , Ega, and Ami.


Versi pertama:
Gaby adalah anak SMA di Madiun yang mau menempuh ujian. Dia punya pacar yang hobi balapan motor. Nah, si pacarnya itu meninggal gara2 balapan. Temen2 dan keluarganya sendiri ga ada yang ngasi tau coz Gaby lagi ujian dan mereka ga mau konsentrasinya jdi terganggu. Sampe akhirnya dia tau sendiri waktu ke rumah si pacar yang ternyata udah penuh orang lagi tahlilan. Setelah itu, Gaby jadi shock dan ngurung diri di kamar ga mau kluar. Akhirnya dia milih jalan pintas gantung diri. Sebelumnya, dia sempet nyiptain sebuah lagu yang ngungkapin tentang kesedihan dia. Kalo menurut aku sih, rada ganjil yah. Masa pacarnya meninggal sampe ga tau. Walau dirahasiain pun, pasti lah dia denger2 dari siapa kek. Masa ga ada sih satu pun temennya yang sms sekedar ngucapin turut bela sungkawa or prihatin gitu. Apa lagi, pas dia dateng ke rumah lagi tahlilan semua. hahahaha................ mungkin ga ya???? bingung ahhhhhh...........

Versi kedua:
Namanya Ami, cewek asli Bali. Jadi si Ami itu ketahuan selingkuh. Dia kepergok cowoknya lagi boncengan sama cowok laen di jalan. Dan saat itu juga malahan cowoknya kecelakaan dan kejadian itu dilihat oleh mata kepalanya sendiri. Itulah yang bikin si Ami bener2 shock yang akhirnya bunuh diri minum baygon, beda sama versi pertama yang gantung diri. Tapi yang ini aga logis sih daripada versi pertama.

Versi ketiga:
Disini justru cowoknya yang selingkuh. Gaby mergokin dia lagi jalan sama cewek laen. Gaby-nya ngambek, naek mobil ngebut dan diikutin cowoknya dari belakang. Waktu di persimpangan jalan, si cowok akhirnya kecelakaan dan meninggal. Gaby jadi shock berat. Setelah itu dia bikin lagu dan sempet dinyanyiin waktu acara pensi di sekolah. Dia nyanyiin lagu itu sambil maen gitar. Tapi baru separuh lagu, senar gitar tiba2 putus lalu mengenai urat nadi. Gaby dibawa ke rumah sakit, akhirnya di perjalanan dia meninggal. Lagu "Jauh" yang dia nyanyikan tadilah yang direkam sama salah seorang temennya dan disebarkan dengan tujuan mengenang kepergian Gaby. Begitulah.... Tapi emang bisa sampe gitu yah. Kena senar gitar langsung putus urat nadinya. Ga tau deh.

Versi keempat:
Hampir sama ama versi ketiga, cuman meninggalnya di backstage sehabis manggung. Ada seorang temennya yang mergokin dia sengaja minum obat dengan kadar yang melampaui batas. Tapi nyawanya udah ga sempet ketolong trus akhirnya meninggal.

Versi kelima:
Lagunya dinyanyiin di rumah sakit waktu si Gaby sekarat. Nah, yang ini jelas mengada-ada. ga bangeeetttt dehhh...... masa sih ada orang sakit sambil nyanyi pake gitar lagi, udah gitu suaranya kren lagi, pasien yang laen kan terganggu. Kecuali kalo ruangannya VIP dan pake peredam (hehe, emang ada?). Tapi tetep ga mungkin lah, secara orang sakit itu kan badannya lemes, tangannya diinfus. Apalagi dia sekarat udah mau mati masa nyanyi2,kaya burung beo aja...

Ga tau lah yang mana yang bener. Tapi kurang lebih itu yang aku baca di artikel2 di internet dan yang aku denger dari temenku. Kalo dari versi aku sih, kayanya ini kisah mengada-ada deh alias cuma hoax (boong2an). Motifnya cuma biar lagunya laris di pasaran. Mendongkrak ketenaran. Menurut aku sih. Coz banyak juga yang pake cara kaya gitu, contohnya iklan Sunsilk yang dulu sempet gempar gara2 penampakan makhluk berjubah item di belakang modelnya. Ada lagi iklan SCTV yang ada pocong ikut nari2 di panggung bagian belakang. Arghh, semuanya rekayasa!!!!! Cari perhatian. Cari sensasi. Ato apalah istilah laennya. Intinya mereka bertujuan pengen dapet ketenaran dan produknya laris dengan cara seperti itu.

Lagu itu sebenernya ada tiga versi. Pertama, versi full band yang direkam secara indie. Vokalisnya sendiri katanya bukan Gaby tapi orang laen yang sengaja suaranya dicari yang mirip Gaby sebagai bentuk penghargaan sekaligus mengenang kepergiannya. Kedua, versi acara pensi sekolah (karena ada suara tepuk tangannya), versi reverse ato diputar terbalik, disitu sih ada pesen tersembunyi. Jadi di beberapa bagian ada lirik begini, "Bisakah... kumiliki nafasmu... saat kumati....". Emang sih yang namanya reverse emang ga jelas kata2nya. Aga bikin merinding suaranya. Hoho. Kata2 yang dibilang "pesen tersembunyi" itu emang ada. Tapi lagi2 menurutku, ga kaya gitu juga, dipas2in deh kayanya. Tau ah. Dengerin aja sendiri.  Jadi kalo pengen teu lagunya silakan googling sendiri aja yah. Maap. aku cuma bisa kasi liriknya aja plus achord gitarnya.

G D Em Bm
Pernah ada rasa cinta

C G Am D
Antara kita kini tinggal kenangan

G D
Ingin kulupakan

Em Bm
Semua tentang dirimu

C G Am D G
Namun tak lagi kan seperti dirimu oh bintangku

Reff :

G d Em Bm
Jauh kau pergi meninggalkan diriku

C G Am D
Disini aku merindukan dirimu

G D Em Bm
Kini ku coba mencari penggantimu

C G Am D G
Namun tak lagi kan seperti dirimu oh kekasih

Banyak yang bilang lagunya enak dan bikin sedih. aku juga seneng n tersentuh banget waktu pertama kali denger lagu ini. suaranya beda-beda tipis sama suara aku (hehehehehe) Lirik lagunya juga terdengar emang biasa aja, tapi ngena banget dihati.

Moga berkesan......

Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45

Poskan Komentar

Komentar Anda sangat kami harapkan, sekiranya Anda sudi memberikan komentar.

Selamat datang di blog saya | Blog baru dihuni | Silahkan Anda memberi kritik dan komentar untuk pengembangan blog saya ini | Saya harap Anda tidak akan pernah bosan untuk melihat konten blog yang tidak bagaimana ini | Salam saya Gie Mata Angin | Cayoooooooooooooooooo ...............