Gie Mata Angin

Jumat, 13 Agustus 2010

WISATA KABUPATEN MERANGIN

WISATA KABUPATEN MERANGIN


Gunung Masurai

Terletak di Kecamatan Jangkat dengan jarak tempuh ± 96 km dari Kota Bangko. Dengan ketinggian 2.720 m dpl, gunung ini memiliki udara yang sejuk. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan alam, objek wisata Gunung Masurai menawarkan keindahan alam sekaligus sebagai tempat olah raga mendaki gunung. Pada puncak Gunung Masurai terdapat dua danau kecil yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabok yang menawan serta dikejauhan terlihat Gunung Sumbing,  Gunung Kerinci serta perkebunan dan perkampungan rakyat sebagai penghibur dan pelepas lelah bagi para petualang. Sejauh mata memandang tampak seperti lukisan yang memiliki keindahan tak ternilai. Untuk memulai pendakian dapat dimulai dari Dusun Sungai Lalang yang berada dikaki gunung yang merupakan perbatasan Kecamatan Muara Siau dengan Jangkat. Selain pendakian juga dapat dilakukan panjat tebing. Gunung Masurai termasuk kedalam  kawasan hutan TNKS.  Disekitar kawasan ini juga terdapat objek wisata Danau Pauh

Danau Pauh

Danau Pauh adalah danau vulkanik  yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi. Terdapat di Kecamatan Jangkat ± 96 km dari Bangko dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Luas Danau Pauh  ± 30 Ha serta disekitarnya terdapat kawasan hutan dengan beraneka ragam flora dan fauna yang termasuk dalam Taman Nasonal Kerinci Seblat (TNKS). Danau dengan luas 30 hektar ini memiliki kedalaman 20 meter dengan ketinggian 1.200 m dpl. Danau ini airnya tenang dan tidak berombak. Dilihat dari kejauhan airnya kelihatan berwarna biru bak air laut. Kondisi alam yang memikat ditunjang latar belakang Gunung Masurai dan juga udara yang sejuk, menjadikan sajian lengkap bagi wisatawan. Disekitar danau terdapat rumah penduduk dengan perkebunan kopi, kayu manis, kentang, cabe dan sayuran.

Danau Depati Empat

Terletak di Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat ± 110 dari kota Bangko. Danau ini dapat dicapai melalui jalan setapak sekitar 7  km. Danau seluas 271 hektar dengan ketinggian 1.200 m dpl ini  dikelilingi hutan primer Taman Nasional Kerinci Seblat dan perkebunan kopi dan kayu manis. Air danau bening dengan dasar berpasir putih yang sangat menarik, indah dan asri.

Danau Tamalam


Merupakan waduk irigasi yang jaraknya 1 km dari prasasti batu bertulis di desa Karang Berahi melalui jalan Lintas Sumatra Km. 23 dari Bangko arah pemenang, belok kekiri menempuh jalan aspal 1,5 km tiba di jembatan gantung 125 m menyeberangi Sungai Merangin. Siseberang sungai terdapat Batu Bersurat menuju Danau Tamalam melalui jalan setapak beton dan saluran irigasi yang disebelah kanannya terhampar sawah yang luas. Tiba diwaduk pengendali (Km. 25,5 Bangko) kearah hulu 250 m lagi terdapat waduk utama. Dam ini memiliki panorama yang indah. Panjang danau 1.500 m, lebar 500 m dengan kedalaman 8m. Terdapat beraneka ikan seperti kalui, belida, lambak, nila dan mas serta jenis ikan kecil lainnya.  Tempat ini cocok bagi anda yang hobi memancing.
 
Air terjun Sigerincing


Air terjun dengan ketinggian 62 meter ini memiliki air yang jernih alami yang akan membuat anda terpesona. Percikan airnya berembun seperti asap warna putih yang mencapai ketinggian 50 meter. Didasar air terjun ada pelataran tempat mandi yang dapat dicapai melalui tangga beton sepanjang 150 meter.

Air terjun Telun Perentak


Seperti air terjun Segerincing di desa Tuo, telun Perentakdengan panorama alam dan air yang jernih menelusuri antara bukit di Kecamatan Sungai Manau juga sangat memikat karena bertingkat-tingkat setinggi 198 meter dan dihiasi oleh bukit batu dan dikelilingi hutan lebat. Lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan lokal. Pengunjung dapat melihat air terjun ini dari puncak sedangkan dasarnya curam dikelilingi semak belukar.

Teluk Wang


Teluk Wang adalah nama lubuk tempat air terjun jeram Sungai Batang Merangin yang terletak diantara Desa Biuku Tanjung-Desa Air Batu dipinggir Sungai Batang Merangin. Jalan masuk kearah kiri pada Km 15 jalan ke Kerinci menempuh jalan 1,5 km ke pinggir sungai Merangin yang telah difasilitasi dengan jalan setapak, tangga beton, WC dan pelataran.
Konon dahulunya Teluk Wang adalah kampong atau dusun raja-raja orang  sakti  nenek moyangnya masyarakat Pulau Rengas dan Bukit Tanjung sehingga tempat ini dijuluki Kampung nan Hilang. Selain air terjun juga terdapat tempat istirahat pencari ikan.
Pemandangan batu alam dan jeram arus sungai Merangin serta hempasan airnya di bebatuan yang besar dengan kedalaman lebih kurang 30 meter merupakan daya tarik tersendiri. Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan atau kemping di area yang cukup luas ini.

Batang Merangin


Batang Merangin adalah salah satu sungai yang masih asri tempat diselenggarakannya lomba arung jeram. Rute arung jeram mulai dari desa Air Batu (Km 21 arah Kerinci) atau 28 Km jalan aspal dari Kota Bangko, dan berakhir di Desa Biuku Tanjung (Km 12) arah Kerinci atau 14 km dari Bangko melewati Teluk Wang

Arboretum Rio Alif


Merupakan kawasan wisata alam dan buatan/konervasi yang berlokasi di Desa Langling Kecamatan  Bangko dengan jarak 6 km dari Kota Bangko  atau 250 km dari Kota Jambi dengan luas wilayah 74,9 hektar.
Disini terdapat taman kolam buaya dan pancuran pemandian di air terjun Sungai Piul.  Daerah disekitar air terjun ini merupakan tempat pengembangan tanaman langka dan pedagang makanan dan miniman setempat yang menyajikan aneka makanan khas daerah yang diwarnai suasanan alam sekitarnya. Objek ini juga dapat menjadi pusat penelitian ilmu pengetahuan bidang kehutanan, botani dan biologi.

 Dam Betuk

Objek ini terletak di desa Tambang Baru Kecamatan Tabir yang berjarak 16 Km dari Kota Bangko kearah Muaro Bungo atau 272 km dari Kota Jambi. Dam Betuk berfungsi untuk pengairan, budi daya keramba ikan dan tempat rekreasi dengan keindahan pesona alamnya yang memikat serta dikelilingi oleh kebun karet. Anda dapat bermain kereta air dan memancing di sini serta menikmati hilir mudik perahu bermesin yang diiringi gemuruh air pintu irigasi.

Taman Bukit Tiung


Merupakan hutan mini yang difasilitasi dengan gapura jalan masuk, sangkar-sangkar burung dan tempat uduk yang cukup untuk bersantai. Bukit tiung terletak di tengah pusat Kota Bangko diatas bukit dipinggir jalan Lintas Sumatera (256 km dari Jambi) dengan luas 1 hektar. Tiupan angin arus sungai Mesumai dapat mengurangi stress bagi anda yang selalu sibuk sepanjang hari.

Goa Tiangko

Di kecamatan Sungai manau terdapat banyak goa yang bisa anda telusuri. Anda bisa masuk ke semua goa dengan membawa pemandu yang juga penjaga goa. Untuk masuk kedalam kita harus membawa lampu atau setidaknya senter karena didalam goa tidak ada sinar yang masuk. Goa Tiangko terdapat di Desa Tiangko yang memiliki luas 206 m2 serta lebar mulut depan 4 m dan bagian belakang mencapai 11,5 m. lantai goa terdiri dari pasir putih berbatu-batu dengan langit-langit dihiasi sarang burung walet dan kelelawar yang bergantungan. Selain itu keindahan dalam goa ini adalah hiasannya yang terdiri dari susunan batu kapiler yang berbentuk stalaktit dan stalakmit dengan hiasan ornamen alam yang mengagumkan. Dinding goa terasa sejuk, nyaman dengan aroma khas karena bebas dari polusi. Bagi yang ingin rekreasi dan masuk goa harus siap mental karena akan mendaki Bukit Batu Bulan dalam hutan sejauh satu jam perjalanan. Disebelah barat goa Tiangko yang sudah dikenal luas, terdapat gugusan goa yang lebih besar yaitu goa Sengayau yang terbentuk dari susunan batu kapur yang mempunyai stalagmite dan stalagtit dengan ornamen alam yang mengagumkan.

Goa Sengayau

Goa Sengayau tertera di desa Sungai Pinang Kec. Sungai Manau. Terbentuk dari susunan batu-batuan kapiler yang terdiri dari stalagtit dan stalagmite dengan hiasan ornamen alam yang indah. Selain itu jika dinding goa dipukul akan menimbulkan suara-suara yang unik namun tetap merdu. Masyarakat setempat juga mencari sarang burung walet disini.

 Goa Bukit Bulan

Terdapat di desa Bukit Bulan Kecamatan Limun +  130 km dari Bangko. Kondisi jalan dari Singkut ke Goa Bukit Bulan balum diaspal, tetapi dapat dilalui kendaraan roda empat. Disamping keindahan ornamen alam yang menghiasi, juga didalamnyaterdapat beratus-ratus goa, yang terdapat sarang burung laying-layang dengan harga jual yang sangat mahal.
Goa ini cocok untuk tempat rekreasi dan mencari inspirasi serta untuk olah raga petualangan.

G r a o


Grao atau semburan air panas dari perut bumi ini mengeluarkan asap belerang/gas yang disemburkan oleh Grao Matahari, Grao Solar, Grao Ngauk dan Grao Kunyit. Keunikan dari grao ini adalah apabila dibacakan mantra oleh pawang yang mengerti grao dari desa setempat maka aitnya bisa menyembur setinggi 14 meter. Kalau tidak dibacakan mantra air semburannya biasa saja,  tidak tinggi.
Grao ini terletak di antara Desa Tanjung Kasri dan Desa Renah Kemumu 150 km dari Bangko. Disarankan menggunakan ojek yang sudah terbiasa dengan lokasi karena untuk mencapai lokasi harus melewati bukit dan jurang melalui jalan setapak.
Air grao ini jernih dan panas dan disekeliling grao dihiasi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Anda bisa mandi dengan air panas sedang untuk mengobati penyakit kulit dan rematik.
Perkampungan Rumah Tuo

Perkampungan ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang terletak di Kecamatan Tabir 28 km dari Kota Bangko. Terdapat sekitar 30 buah secara berkelompok. Diperkirakan dibangu 500 tahun yang lalu. Perkampungan ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah sekaligus tempat penelitian sejarah kehidupan masa lampau.
Batu Bertulis
Peninggalan bersejarah ini terdapat di Desa Karang Berahi Kecamatan Pemenang  24 km dari Bangko. Tulisan yang digunakan adalah sanskerta bahasa Melayu kuno yang dibuat sekitar tahun 686 Masehi.
  
Danau Dipati Empat Kabupaten Merangin



 

Danau Dipati Empat berada di bagian barat daya Desa Pulau Tengah Kecamatan Madras. Berjarak paling tidak 8 Km dari Desa Pulau Tengah. Menurut penuturan beberapa penduduk setempat, danau tersebut dinamakan seperti itu lantaran dipelihara oleh empat dipati. Yaitu Dipati Gento rajo dan Dipati Pamuntjak Alam Tiang Agamo, yang menguasai bagian timur dan selatan. Serta Dipati Payung dan Dipati Naudo Manggalo, yang menguasai bagian utara dan barat.


Perjalanan menuju danau dapat ditempuh selama paling tidak empat jam dengan berjalan kaki. Namun jangan terkecoh, karena hitungan itu ternyata diperuntukkan bagi orang yang sudah terbiasa mendaki gunung.
Perjalanan menuju danau ini terasa sedemikian rumitnya. Mungkin lantaran tak ada satu pun petunjuk arah menuju ke lokasi. Danau Dipati Empat merupakan danau terbesar dari trio danau di Kabupaten Merangin ini
Bila anda sudah membaca tentang obyek wisata danau pauh, sekarang saya jelaskan obyek wisata di kabupaten Merangin yang selanjutnya.Air terjun Sigerincing
Air terjun dengan ketinggian 62 meter ini memiliki air yang jernih alami yang akan membuat anda terpesona. Percikan airnya berembun seperti asap warna putih yang mencapai ketinggian 50 meter. Didasar air terjun ada pelataran tempat mandi yang dapat dicapai melalui tangga beton sepanjang 150 meter.

Air terjun Telun Perentak

Seperti air terjun Segerincing di desa Tuo, telun Perentakdengan panorama alam dan air yang jernih menelusuri antara bukit di Kecamatan Sungai Manau juga sangat memikat karena bertingkat-tingkat setinggi 198 meter dan dihiasi oleh bukit batu dan dikelilingi hutan lebat. Lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan lokal. Pengunjung dapat melihat air terjun ini dari puncak sedangkan dasarnya curam dikelilingi semak belukar.



Teluk Wang

Teluk Wang adalah nama lubuk tempat air terjun jeram Sungai Batang Merangin yang terletak diantara Desa Biuku Tanjung-Desa Air Batu dipinggir Sungai Batang Merangin. Jalan masuk kearah kiri pada Km 15 jalan ke Kerinci menempuh jalan 1,5 km ke pinggir sungai Merangin yang telah difasilitasi dengan jalan setapak, tangga beton, WC dan pelataran.
Konon dahulunya Teluk Wang adalah kampong atau dusun raja-raja orang sakti nenek moyangnya masyarakat Pulau Rengas dan Biuku Tanjung  sehingga tempat ini dijuluki Kampung nan Hilang. Selain air terjun juga terdapat tempat istirahat pencari ikan.
Pemandangan batu alam dan jeram arus sungai Merangin serta hempasan airnya di bebatuan yang besar dengan kedalaman lebih kurang 30 meter merupakan daya tarik tersendiri. Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan atau kemping di area yang cukup luas ini.

Sumber: http://sanganam.com

Artikel Terkait Lainnya:

1 komentar:

kakwat mengatakan...

merangin memang sangat indah :3

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45

Poskan Komentar

Komentar Anda sangat kami harapkan, sekiranya Anda sudi memberikan komentar.

Selamat datang di blog saya | Blog baru dihuni | Silahkan Anda memberi kritik dan komentar untuk pengembangan blog saya ini | Saya harap Anda tidak akan pernah bosan untuk melihat konten blog yang tidak bagaimana ini | Salam saya Gie Mata Angin | Cayoooooooooooooooooo ...............