Gie Mata Angin

Sabtu, 28 Agustus 2010

Batik Jambi

Batik Jambi

Jambi termasuk salah satu dari sekian daerah di Indonesia yang memiliki sentra-sentra kerajinan batik tulis. Sebelum krisis ekonomi menimpa Indonesia, sentra batik tulis berkembang cukup baik di Jambi. Tetapi, setelah krisis melanda, sentra-sentra tersebut banyak yang tidak beroperasi dan gulung tikar. Agar aset budaya tetap bertahan dengan baik, perlu perhatian serius dari pemerintah setempat agar batik tulis Jambi tetap terjaga keberadaannya.

Kerajinan batik tulis Jambi banyak diminati tidak saja oleh masyarakat Jambi tetapi juga masyarakat dari luar Jambi, karena memiliki aneka motif yang indah dan warna yang cerah. Dengan banyaknya peminat, tentu membuka peluang para perajin batik untuk mengembangkan usahanya.

Batik tulis Jambi memiliki ciri khas yang unik, baik dari segi warna maupun motifnya. Pewarna batik diambil dari bahan-bahan alami, yaitu campuran dari aneka ragam kayu dan tumbuh-tumbuhan yang ada di Jambi, seperti: getah kayu lambato dan buah kayu bulian, daun pandan, kayu tinggi dan kayu sepang. Selain itu, ada juga campuran dari dua jenis bahan yang tidak terdapat di Jambi, seperti biji pohon tinggi dan daun nila, yang biasanya didatangkan langsung dari Yogyakarta

Selain bahan pewarnanya, batik tulis Jambi kaya dengan aneka motif dengan warna cerah sebagai simbol dari keceriaan dan keriangan masyarakat Jambi. Tercatat lebih dari 13 motif batik tulis Jambi yang masih dapat dijumpai, seperti: Candi Muaro Jambi, Kaca Piring, Puncung Rebung, Angso Duo Bersayap Mahkota, Bulan Sabit, Pauh (mangga), Antlas (tanaman), Awan Berarak, dan Riang-riang. 
Tempat produksi kerajinan batik tulis Jambi dapat dijumpai di Kampung Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia.







Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45

Poskan Komentar

Komentar Anda sangat kami harapkan, sekiranya Anda sudi memberikan komentar.

Selamat datang di blog saya | Blog baru dihuni | Silahkan Anda memberi kritik dan komentar untuk pengembangan blog saya ini | Saya harap Anda tidak akan pernah bosan untuk melihat konten blog yang tidak bagaimana ini | Salam saya Gie Mata Angin | Cayoooooooooooooooooo ...............